cover
Contact Name
Selinaswati, S.Sos. M.A., Ph.D
Contact Email
selinaswati@fis.unp.ac.id
Phone
+6285265209272
Journal Mail Official
socius@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education
ISSN : -     EISSN : 24428663     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education (E-ISSN: 2442-8663) is a Scientific Journal published by Universitas Negeri Padang in in collaboration with Perkumpulan Profesi Pendidik dan Peneliti Sosiologi Indonesia (AP3SI), discussing educational, social and cultural phenomena that are in the midst of society. In addition, the journal Socius also provides new thoughts related to concepts and theories that exist in education, sociology, and anthropology.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN MATERI AJAR SOSIOLOGI TENTANG MITIGASI BENCANA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KOTA PADANG Erianjoni Erianjoni
SOCIUS Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/scs.v4i2.24

Abstract

Dalam materi sosiologi di SMA terdapat Kompetensi Dasar tentang pemberdayaan masyarakat dan kearifan kokal, salah aspek yang dibahas adalah tentang kearifan lokal dalam bencana alam. Tulisan ini berangkat dari hasil penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan materi ajat tentang mitigasi bencana, karena materi ajar yang ada pada buku paket Sosiologi di SMA masih bersifat tektual dan belum kontekstual dengan kondisi sosio-budaya masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Kota Padang, dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan infoman dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan terstruktur, observasi partisipasi pasif, Focus Group Discussion, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini; Sebagai strategi untuk mengembangkan materi ajar tersebut dengan studi kasus nilai-nilai kearifan lokal Minangkabau dapat dilakukan dengan cara melalui aktivitas (1) mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal yang terkait dengan materi ajar sikap, pengetahuan dan keterampilan, (2) mengintegrasikan dengan RPP, bahan ajar, LKS, dan modul
STUDI PENGARUH KEMANDIRIAN MAHASISWA YOGYAKARTA TERHADAP PERSTASI AKADEMIK: RESPON 60 MAHASISWAWI DI YOGYAKARTA Muhammad Hidayat
SOCIUS Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/scs.v4i2.21

Abstract

Penelitian makalah ini adalah tentang hubungan antara independen dan prestasi di kalangan mahasiswa di Yogyakarta. Asumsi dari makalah ini adalah Enverinment of dormithory memiliki pengaruh terhadap prestasi dan prestasi di kalangan mahasiswa di Yogyakarta. Metodologi penelitian ini adalah Kuantitatif. Ada 60 mahasiswa untuk peserta penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah variabel akademik seperti Indeks Prestasi (IP) yang tidak digaungkan oleh apapun dalam bentuk variabel lingkungan dormithory meliputi jenis pesantren, angket, tindakan yang diambil jika masalah dengan dosen, seperti pembolosan dan jam kerja yang panjang. Belajar di luar jam kelas Apalagi saat mereka bermasalah dengan dosen, dan kelas yang tidak terjangkau.
BULAN BINTANG DI BAWAH KUASA BERINGIN: PARMUSI PADANG PARIAMAN MASA ORDE BARU Abdul Salam
SOCIUS Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/scs.v4i2.71

Abstract

Sejak berakhirnya Demokrasi Terpimpin, eks pimpinan Masyumi awalnya berharap Presiden Soeharto bersedia untuk merehabilitasi, sekaligus mengizinkan partai “bulan bintang” itu tampil di pentas politik. Namun, harapan itu kandas dan rezim militer hanya mengizinkan Partai Muslimin Indonesia (Parmusi) –sebagai representasi perwakilan Islam modernis. Sejak saat itu, Parmusi berdiri di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Padang Pariaman. Tulisan ini bertujuan untuk melihat kiprah Parmusi dalam Pemilu 1971 yang banyak intrik dibawah pengaruh Golkar sebagai partai pemerintah masa itu. Metode historis yang diterapkan dalam penelitian ini terdiri atas pengumpulan sumber (heuristik). Setelah heuristik, dilakukan kritik terhadap sumber temuan; interpretasi; dan historiografi.Parmusi Cabang Padang Pariaman berdiri tahun 1968, yang awalnya digagas oleh tokoh-tokoh eks Masyumi. Beragam intrik dan intervensi sengaja dilancarkan pemerintah Orde Baru, melalui Pelaksana Khusus Daerah (Laksusda). Intervensi itu, mulai dari mencampuri urusan rumah tangga partai, hingga dalam pelaksanaan kampanye, yang sering menguntungkan Golkar. Pelemahan terstruktur yang dilakukan pada masa itu, hanya mempunyai satu tujuan, yakni mendorong Golkar sebagai gerbong utama, sedangkan Parmusi hanya menjadi partai “semu” dalam menyemarakkan pesta demokrasi pertama masa Orde Baru.
ADAPTASI SEKOLAH TERHADAP KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF Reno Fernandes
SOCIUS Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/scs.v4i2.16

Abstract

Artikel ini dibuat diambil dari penelitian respon sekolah terhadap kebijakan pendidikan Inklusif di kota Padang. Lebih dalamnya penelitian ini ingin melihat realitas pihak sekolah merespon instruksi yang diberikan pemerintah kepada sekolah meskipun masih terdapat kekurangan sarana dan prasanana untuk menjalankan pendidikan inklusif. Penelitian tersebut berangkat dari paradigma post-positivistik dengan pendekatan kualitatif, dan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan, sekolah merespon dengan menjalankan program pendidikan inklusif cendrung melakukan pemeriharaan sistem dan menjaganya tetap dalam keseimbangan (equilibrium) dengan sistem lainnya. Dalam menjaga keseimbangan (equilibrium) sekolah harus melakukan Adaptation (adaptasi) dengan lingkungan. Di kota Padang pendidikan inklusi tetap saja dijalankan oleh sekolah dengan penyesuaian yang dilakukannya dengan sumber daya yang dimilikinya.
DAMPAK PERGESERAN KEBIJAKAN KOTA TAMBANG MENJADI KOTA WISATA TAMBANG BERBUDAYA PADA KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI KOTA SAWAHLUNTO Delmira Syafrini; Reno Fernandes
SOCIUS Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/scs.v4i2.23

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang dampak dari pergeseran kebijakan kota tambang menjadi kota wisata tambang berbudaya di Kota Sawahlunto Sumatera Barat. Topik ini menarik untuk di bahas karena Sawahlunto adalah kota yang pernah dikenal dunia sebagai kota tambang batubara, namun mengalami depresi pasca reformasi di Indonesia akibat menipisnya cadangan batu bara. Namun saat ini Kota Sawahlunto bangkit kembali dengan mengubah arah pembangunan kota, melalui visi “Sawahlunto tahun 2020 menjadi kota wisata tambang berbudaya”. Perubahan kebijakan di kota ini ternyata mampu membangkitkan Kota Sawahlunto dari keterpurukan, terbukti dari membaiknya kembali kehidupan kota yang hampir menjadi ‘kota mati’ ini. Baik kehidupan sosial maupun perekonomian masyarakat yang terbukti dengan menurunnya angka kemiskinan dari tahun ke tahun di Kota Sawahlunto.
PERAN SEKOLAH DALAM ANTISIPASI KERACUNAN PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH-PJAS Selinaswati Selinaswati
SOCIUS Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/scs.v4i2.18

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran lembaga pendidikan (Sekolah Dasar) dalam memfasilitasi makanan jajanan sehat bagi para siswanya guna mengantisipasi keracunan makanan jajanan. Tujuan penelitian agar diperoleh solusi antisipasi konsumsi makanan tak sehat dengan melibatkan berbagai pihak terkait. Penelitian kualitatif bertipe studi kasus ini dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam kepada informan yang diperoleh melalui purposive sampling. Analisa data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif Miles dan Hubermann. Temuan data lapangan menunjukkan pihak sekolah yang mestinya menyiapkan kantin sehat seperti terdapat pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional, khususnya Bab VIII pasal 42 (2), ternyata masih banyak yang belum merealisasikan peraturan tersebut. Kondisi ini memberi peluang pedagang makanan keliling menjual dagangannya dengan harga murah dari bahanbaku murah yang cendrung tidak memenuhi standar kesehatan. Atas kondisi yang demikian, diperlukan perhatian dan kerjasama berbagai pihak terkait, terutama sekolah dan orang tua siswa diantaranya mendirikan kantin sehat yang dikelola pihak sekolah atau persatuan orang tua murid dan guru dalam bentuk koperasi dan bisa juga bekerjasama dengan para orang tua seperti pemberian bekal makanan sehat pada anak oleh orang tua.
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN EKOWISATA SUNGAI PINANG Erda Fitriani; Selinaswati Selinaswati; Desy Mardhiah
SOCIUS Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, Universitas Negeri Pa
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/scs.v4i2.17

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan partisipasi masyarakat Nagari Sungai Pinang dalam pembangunan ekowisata. Pembangunan pariwisata dapat berjalan dengan baik jika adanya partisipasi masyarakat. Masyarakat Nagari Sungai Pinang telah mengembangkan pariwisata di daerahnya sejak tahun 2004 sebelum dikembangkannya kawasan wisata maritim Mandeh pada tahun 2014 oleh pemerintah. Destinasi wisata Nagari Sungai Pinang dikenal oleh wisatawan dengan istilah The Hidden Spot of Paradise. Untuk menggali partisipasi masyarakat dalam pembangunan ekowisata dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi partisipasi, wawancara mendalam (Indept interview) dan studi dokumen. hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembangunan pariwisata di Sungai Pinang merupakan hasil pemikiran, perencanaan yang dilakukan oleh masyarakat secara mandiri dipelopori oleh kaum muda. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan wisata meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan hasil, dan evaluasi pembangunan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7